Menengok 9 Top Visits di Statistik Weblog Pribadi

Oleh Much. Khoiri

SELAMAT malam Minggu, Sobat literasi. Di sela waktu kebersamaan dengan keluarga, entah jalan-jalan di mal, berkunjung ke keluarga jauh atau sahabat, atau hanya di rumah dengan keluarga tercinta, silakan mampir untuk menengok 9 top visit di statistik weblog pribadi saya.

Wajah weblog saya ‘Literasi, Sastra dan Ruang Ketiga’. Foto: Dok pribadi

Pada 28 Oktober 2022 malam saya memperhatikan statistik kunjungan ke weblog pribadi saya https://muchkhoiri.com, saya ternyata telah mempublikasikan 152 artikel—baik catatan harian, ruang kuliah, literasi, sastra, budaya, dan sebagainya. Total visit-nya 22.572, dan total visitor-nya 12.156. Sudah lumayan, tetapi tetap perlu ditingkatkan.

Dari sekian visit itu, saya temukan ada 9 top visits atau 9 kunjungan terbanyak pada artikel-artikel yang telah saya unggah sejak bulan-bulan awal tahun 2021. Berikut ini hasil tengokan tersebut.

1. Mengenal (Lagi) Sastra (736 Visit/2021)

https://muchkhoiri.com/2021/02/mengenal-lagi-sastra/

Artikel ini saya unggah pada tahun 2021, dan semula saya maksudkan untuk mahasiswa yang mengambil matakuliah Introduction to Literature (Pengantar Sastra). Hingga kini artikel meraih angka kunjungan tertinggi, yakni 736 kunjungan.

2. Tentang Penulis (666 Visit/2021)

https://muchkhoiri.com/2021/01/tentang-penulis/

Biodata singkat penulis (saya) ini saya unggah sejak awal pembuatan weblog. Mengapa ia mencapai kunjungan yang tinggi? Sebab, selain dicari oleh pembaca, ia juga sering saya share kepada lembaga atau perorangan yang membutuhkan informasi data pribadi saya terkait kepenulisan.

3. Memahami Budaya Populer (417 Visit/2021)

https://muchkhoiri.com/2021/02/memahami-budaya-populer/

Artikel ini juga saya arahkan untuk materi pengantar Popular Culture Studies bagi mahasiswa saya. Mengapa angka kunjungan tinggi? Itu karena mahasiswa penasaran untuk mengetahui bagaimana konsep budaya populer. Cukup dua semester rasanya mereka mengunjungi artikel ini, dan tentu saja meninggalkan komentar.

4. Pentingnya Pemahaman Kaidah Menulis Puisi: Kata Pengantar Buku (301 Visit/2022)

https://muchkhoiri.com/2022/01/pentingnya-pemahaman-kaidah-menulis-puisi-kata-pengantar-buku/

Artikel ini masih baru, yakni tahun 2022. Namun, angka kunjungan sudah cukup tinggi. Selain ia mendapatkan kunjungan dari teman-teman peminat puisi dan cara penulisannya, ia juga dikunjungi mahasiswa Creative Writing. Mengapa? Sebab, mahasiswa CW juga harus menulis puisi sebagai salah satu genre kreatif yang harus dikuasai.

5. Konser dan Nctzens (275 Visit/2022)

https://muchkhoiri.com/2022/09/konser-dan-nctzens/

Artikel ini juga baru, tahun 2022. Kunjungannya cukup tinggi. Alasannya, ia saya tulis untuk memberi pengantar awal tentang budaya kawula muda (youth culture); di mana mahasiswa akan melakukan problem-based learning. Mereka sangat antusias membacanya dan memberikan komentar. Kalau tidak salah, ada 40-an komentar dari mahasiswa.

6. Berproses Menjadi Penulis Cerpen (256 Visit/2021)

https://muchkhoiri.com/2021/10/berproses-menjadi-penulis-cerpen/

Artikel ini sebenarnya terkait dengan pengantar untuk sebuah buku. Akan tetapi, ia justru mendapatkan kunjungan cukup tinggi dari mahasiswa yang memprogram Creative Writing. Sebab, mereka harus mengetahui teori menulis cerpen. Ini menjadi bacaan tambahan yang disarankan.

7. Menjadi Pembelajar Sastra (226 Visit/2021)

https://muchkhoiri.com/2021/02/menjadi-pembelajar-sastra/

Artikel ini saya tulis untuk memberikan penegasan bagi artikel “Mengenal (lagi) Sastra” (lihat artikel peringkat 1). Ini saya tulis sebagai semacam uraian tertulis dari apa yang saya singgung di dalam kelas. Mahasiswa menikmati penjelasan tertulis ini, setidaknya, menurut pengakuan mereka, mereka menjadi lebih paham tentang pembelajar(an) sastra.

8. Keras/Lunak Dalam Hidup (224 Visit/2021)

https://muchkhoiri.com/2021/02/keras-lunak-terhadap-hidup/

Artikel ini tentang hikmah kehidupan. Saya share ke berbagai grup WA dan medsos lain. Ternyata, ia menyentuh hati cukup banyak pembaca. Ada mutiara hikmah yang bisa dipetik dan dimanfaatkan untuk menjalani hidup. Jika kita keras terhadap hidup, maka hidup akan lunak terhadap kita, dan begitulah sebaliknya.

9. Sumpah, Alangkah Wanginya Buku Baru! (214 Visit/2022)

https://muchkhoiri.com/2022/10/sumpah-alangkah-wanginya-buku-baru/

Artikel ini masih baru, tahun 2022 ini. Rupanya peminatnya banyak, terutama guru-guru atau pembaca umum yang sedang ingin menulis dan menerbitkan buku. Dengan gaya dramatis, saya menunjukkan betapa buku-buku tercium wangi selagi baru diterbitkan, dan itu mulai tahun 2011 hingga buku ke-70 tahun 2022 ini.

Simpulan: Untuk mendapatkan visit banyak, tulisan harus memenuhi keinginan atau kebutuhan pembaca. Dengan istilah lain, saya perlu menulis apa yang paling dicari oleh pembaca, sesuai dengan segmen dan rubrik yang ada. Inilah yang perlu menjadi perhatian ke depan.[]

Kabede, 29 Oktober 2022

Baca juga:

Author: admin

MUCH. KHOIRI adalah dosen Kajian Budaya/Sastra dan Creative Writing, penggerak literasi, blogger, editor, penulis 70 buku dari Unesa. #Kitab Kehidupan (Genta Hidayah, 2021). #Menjerat Teror(isme) (Uwais Inspirasi Indonesia, 2022)

11 thoughts on “Menengok 9 Top Visits di Statistik Weblog Pribadi”

  1. Widut says:

    Yg kepo sama pak Emcho banyak juga 666 kunjungan 😂😂

    1. admin says:

      Benar, Bu Wid. Juga karena banyak permintaan tentang biodata saya.

  2. Mukminin says:

    Luar biasa tulisan-tulisan yg diminati dan ditunggu pembaca yg haus akan ilmu menulis dan tips menulis berbagai genre sastra.

    1. admin says:

      Begitulah, Abah Inin. Menyenangkan sekali bisa berbagi kepada banyak orang

  3. Daswatia Astuty says:

    Sumpah, Alangkah wanginya buku baru 👍👍👍👍sy termasuk yg suka ini. Sehat selalu pak Khoiri..🙏🏻🙏🏻

    1. admin says:

      Terima kasih banyak nggih, ternyata tulisan itu bernasib baik.

    2. Much Khoiri says:

      Suka karena pernah mengalami mencium buku2 baru sendiri. Selamat dan barokah

  4. Mukminin says:

    Tulisan yg luar biasa, yg dinikmati dan dinanti para penulis. Tulisannya selalu menginspirasi Bah

    1. admin says:

      Matur nuwun atas kunjungannya, Bah.

  5. Sumintarsih says:

    Benar Pak….
    Buku baru selalu wangi dan cantik….
    Semoga sy bisa melahirkan buku baru lagi. Amin…

    1. admin says:

      Ikut mengaminkan. Tahun depan mdh2an bisa launching lbh banyak buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *