Things Happen When You Make a Decision

Oleh Much. Khoiri

JUDUL di atas diisyaratkan oleh Dulgemuk bahwa, hanya dengan membuat sebuah keputusan (penting), banyak hal bisa terjadi dalam hidup kita. “Things happen when you make a decision. Be Marlboro.” Pesan iklan rokok Marlboro ini demikian kuat menyandera, sekaligus menggenggam kesadaran bahwa kita harus berani mengambil keputusan, karena keputusan bisa menentukan banyak hal.

Setiap detik, bahkan, kita dihadapkan dengan problematika hidup… Dia harus segera bangkit membuat keputusan, sebuah keputusan untuk menemukan solusi bagi problem yang dihadapinya.

Di kota Praha, Ceko (2019). Gambar: Dok Pribadi

Setiap detik, bahkan, kita dihadapkan dengan problematika hidup. Jika ada orang lain terlalu fokus pada masalah, maka tersesatlah dan merugilah dia. Sebaliknya, dia harus menghilangkan pikiran dan perasaan tentang masalah yang menggelayuti dirinya. Dia harus segera bangkit membuat keputusan, sebuah keputusan untuk menemukan solusi bagi problem yang dihadapinya.

Tiada orang di dunia ini yang tak punya masalah, namun semua itu bergantung pada bagaimana dia menyikapinya. Jika dia menganggapnya ada masalah maka hidupnya akan terus dimendungi masalah itu. Sebaliknya, jika dia menganggapnya bahwa masalah itu mudah diatasi, maka hakikatnya selesailah masalah itu. Jadi, sikap dia dalam menghadapi masalah sangat menentukan bagaimana masalah akan diselesaikan atau ditelantarkan dan menjelma menjadi gunung sampah.

Lihatlah orang-orang besar. Orang-orang besar menganggap masalah besar itu kecil. Sementara itu, orang kecil menganggap masalah kecil begitu besar. Orang besar selalu optimistik dan tahu apa yang dilakukannya dengan penuh keyakinan. Orang kecil selalu pesimistik dan bingung apa yang dilakukannya—senangnya hanya mengeluh dan menyalahkan keadaan atau orang lain. Orang besar tentu lawan dari orang kecil alias orang kerdil.

Maka, tidak ada pilihan lain, kita harus cerdas dan berani mengambil keputusan. Jangankan membangun bangsa atau masyarakat, membangun cinta saja perlu keputusan. Jika kita mencintai seseorang, pertimbangkan dan segera putuskan dengan berani, dan tempuh langkah-langkah yang tepat untuk menggapainya. Percayalah, jika kita sudah punya keputusan mencintai si dia, akan banyak jalan menuju roma alias taman hatinya.

Orang-orang besar menganggap masalah besar itu kecil. Sementara itu, orang kecil menganggap masalah kecil begitu besar.

“Things happen when you make a decision.” Contoh sederhana, jika kita sudah memutuskan mencintai seseorang, kita pastilah akan kreatif menemukan berbagai caranya. Mau apel di kala hujan, misalnya, berkat keputusan kuat itu, kita akan menemukan cara apa saja untuk menjumpai si dia. Jika tidak ada payung, kita akan lebih kreatif menemukan alat lain: daun pisang, daun talas, jaket, atau (mungkin) meja makan!

Lihatlah pula, keajaiban akan muncul bersama keputusan itu. Setidaknya, tatkala kita sudah tiba di depan si dia, amat mungkin penghargaan akan kita terima. Mungkin si dia akan mengelap dahi kita dengan selendangnya, atau memberi kita pinjaman sapu tangan atau handuk. Setidaknya, senyum dan sapaan manis akan menyapa kita di bawah guyuran hujan yang atis. Jika hasilnya sebaliknya, bersabarlah lebih dalam.

Keputusan untuk lulus dalam ujian, misalnya, juga menguatkan itikad kita guna menemukan berbagai jalan untuk ditempuh. Hidup tak akan pernah bahagia melihat manusia yang berpangku tangan. Manusia akan bermakna jika dia melakukan hal-hal yang bermakna, bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk manusia lain. Untuk lulus ujian, dia akan belajar dan belajar—sebuah rahasia sukses yang selalu dibayar oleh orang-orang besar.

Dengan keputusan, langkah bisa disusun dengan matang, dan bisa dijalankan dengan penuh keyakinan.

Keputusan, ya keputusan, adalah tonggak prasasti perjuangan manusia untuk kemajuan. Dengan keputusan, langkah bisa disusun dengan matang, dan bisa dijalankan dengan penuh keyakinan. Hanya dengan keputusan yang kuat, langkah akan ditempuh dengan tegap, dan capaian target menjadi sebuah keniscayaan yang mewujud nyata. Sebaliknya, tanpa keputusan, impian hanyalah awan yang menggantang tanpa ada kaitan dan arah.

Dengan demikian, keputusan berbanding lurus dengan capaian yang hendak kita perjuangkan. Ada iming-iming  yang membuat kita bersemangat, ketika kita membuat keputusan kuat dan berani untuk menjalani langkah-langkah kecil yang terstruktur, sistematis, dan terukur. Bukankah kesuksesan dicapai bukan dengan satu langkah besar, melainkan puluhan atau ratusan langkah kecil yang terstruktur, sistematis, dan terukur?

Saya mencatat, pada suatu ketika, di sebuah gedung diklat, saya saksikan jiwa-jiwa yang berani mengambil keputusan! Jika belum pun, saya mengajak peserta diklat itu untuk mengambil keputusan penting dalam hidupnya dalam bidang literasi! Ya, literasi, terutama membaca dan menulis. Saya ingin menggugah setiap jiwa di dalam kelas diklat ini untuk menjalani literasi diri, agar keteladanan bisa ditunjukkan kepada para siswanya.

Membaca (iqra) itu wajib, sama wajibnya dengan ibadah-ibadah utama dalam Islam–dan saudara kembarnya adalah menulis (qalam) juga harus dibudayakan.

Ya, impian saya, hari itu teman-teman ustad/ustazah itu mengambil keputusan besar untuk membaca dan menulis setiap waktu. Membaca (iqra) itu wajib, sama wajibnya dengan ibadah-ibadah utama dalam Islam–dan saudara kembarnya adalah menulis (qalam) juga harus dibudayakan. Semoga teman-teman menjadi pembaca dan penulis yang cerdas dan ikhlas, memahami dan berbagi, memperkaya diri dan mengayakan orang lain.

Hanya dengan begitu, literasi akan berkembang indah di sekolah atau pondok pesantren di mana mereka mengabdikan dirinya. Ilmu mereka akan berkembang biak sebagai amal jariyah yang pahalanya selalu mengalir tanpa jeda. Makna ilmu sedemikian yang kita harapkan pada setiap hembus napas dan setiap detak jantung kita. Bukankah kita ingat, kita berbagi (ilmu) dan karena itu kita ada?*

Gresik, November 2022

Baca juga:

Author: admin

MUCH. KHOIRI adalah dosen Kajian Budaya/Sastra dan Creative Writing, sponsor literasi, blogger, certified editor & writer 74 buku dari Unesa. Di antaranya "Kitab Kehidupan" (2021) dan "Menjerat Teror(isme): Eks Napiter Bicara, Keluarga Bersaksi" (2022).

11 thoughts on “Things Happen When You Make a Decision”

  1. Astuti says:

    Menghentak.
    Markinul.
    Mari kita nulis
    Sehat selalu Pak Haji
    http://www.srisugiastutipln.com

    1. Much Khoiri says:

      Matur nuwun sanget, Bu hajjah. Komentar ini mantap

  2. Daswatia Astuty says:

    Salah satu yg mesti dilakukan sepanjang hidup ini adalah pengambilan keputusan. Karena ssghnya hidup ini semua hanya pilihan2 saja .
    Keputusanlah yg membuat pilihan itu dijalani.
    Ilmunya sedehana hitung kemampuan dan menghitung resiko terburuk yg akan diterima.
    Berani menjalani resiko terburuk ambil keputusan.

    Kpts menulis setiap hari atau menjadi penulis adalah kpts yang tdk mempunyai resiko buruk, bahkan sebaliknya. Mengapa ragu untuk memutuskan dan mulai melangkah 🏃‍♀️🏃‍♀️🏃‍♀️

    1. Much Khoiri says:

      Keputusan utk melakukan kebaikan bukanlah suatu keburukan sama sekali. Pintu kebaikan harus dibuka agar kebenaran bisa ditegakkan. Demikian pun dalam keputusan dlm menulis.

  3. WYDA ASMANINGAJU says:

    It is right master. Make decision is the way to solve the problem

    1. admin says:

      Betul sekali, Bu Ayu. Buat keputusan itu penting, bahkan sangat penting.

  4. Cahyati says:

    Manusia hidup pasti akan dihadapkan pada kata yang satu ini “keputusan”. Artinya kita harus membuat keputusan kala ada permasalahan. Membuat keputusan merupakan pekerjaan yang tidak ringan. Karena keputusan yang salah akan berakibat fatal bagi pelakunya. Lain lagi jika keputusan itu tepat sasaran. Maka dunia akan tersenyum. So, orang yang sering mendapat masalah dalam hidupnya secara otomatis akan memiliki soft skill yang handal dalam pengambilan keputusan. Jika dituangkan dalam bentuk tulisan pastilah seru.

    1. admin says:

      Betul sekali, bu guru. Ayolah tuangkan dalam tulisan gagasan njenengan tersebut, agar jadi tulisan yang seru.

  5. Pingback: bt-usaguns.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *