BETAPA PENTINGNYA MEMBUAT KEPUTUSAN

Oleh: Much. Khoiri

“Keputusan akan membuatmu ada.” Ungkapan ini menegaskan, hanya dengan membuat sebuah keputusan, banyak hal bisa terjadi dalam hidup kita. Things happen when you make a decision. Be Marlboro. Pesan iklan rokok Marlboro ini demikian kuat menyandera kita, sekaligus menggenggam kesadaran kita bahwa kita harus berani mengambil keputusan, karena keputusan menentukan banyak hal.

Dancing House, Gedung yang Meliuk di Ceko: Dok Pribadi

Setiap detik, bahkan, kita dihadapkan dengan problematika hidup. Jika ada orang lain terlalu fokus pada masalah, maka tersesatlah dan merugilah dia. Sebaliknya, dia harus menghilangkan pikiran dan perasaan tentang masalah yang menggelayuti dirinya. Dia harus segera bangkit membuat keputusan, sebuah keputusan untuk menemukan solusi bagi problem yang dihadapinya.

Tiada orang di dunia ini yang tak punya masalah, namun semua itu bergantung pada bagaimana dia menyikapinya. Jika dia menganggapnya ada masalah maka hidupnya akan terus dimendungi masalah itu. Sebaliknya, jika dia menganggapnya bahwa masalah itu mudah diatasi, maka hakikatnya selesailah masalah itu. Jadi, sikap dia dalam menghadapi masalah sangat menentukan bagaimana masalah akan diselesaikan atau ditelantarkan dan menjelma menjadi gunung sampah.

Lihatlah orang-orang besar. Orang-orang besar menganggap masalah besar itu kecil. Sedangkan orang kecil menganggap masalah kecil begitu besar. Orang besar selalu optimistik dan tahu apa yang dilakukannya dengan penuh keyakinan. Orang kecil selalu pesimistik dan bingung apa yang dilakukannya—senangnya hanya mengeluh dan menyalahkan keadaan atau orang lain. Orang besar tentu lawan dari orang kecil alias orang kerdil.

Maka, tidak ada pilihan lain, kita harus cerdas dan berani mengambil keputusan. Jangankan membangun bangsa atau masyarakat, membangun cinta saja perlu keputusan. Jika kita mencintai seseorang, pertimbangkan dan segera putuskan dengan berani, dan tempuh langkah-langkah yang tepat untuk menggapainya. Percayalah, jika kita sudah punya keputusan mencintai si dia, akan banyak jalan menuju roma.

Things happen when you make a decision. Contoh sederhana, jika kita sudah memutuskan mencintai seseorang, kita pastilah akan kreatif menemukan berbagai caranya. Mau apel di kala hujan, misalnya, berkat keputusan kuat itu, kita akan menemukan cara apa saja untuk menjumpai si dia. Jika tidak ada payung, kita akan lebih kreatif menemukan alat lain—daun pisang, daun talas, jaket, atau (mungkin) meja makan!

Lihatlah pula, “keajaiban” akan muncul bersama keputusan itu. Setidaknya, tatkala kita sudah tiba di depan si dia, amat mungkin “penghargaan” akan kita terima. Mungkin si dia akan mengelap dahi kita dengan selendangnya, atau memberi kita pinjaman sapu tangan atau handuk. Setidaknya, senyum dan sapaan manis akan menyapa kita di bawah guyuran hujan yang atis.

Keputusan untuk lulus dalam ujian, misalnya, juga menguatkan itikad kita guna menemukan berbagai jalan untuk ditempuh. Hidup tak akan pernah bahagia melihat manusia yang berpangku tangan. Manusia akan bermakna jika dia melakukan hal-hal yang bermakna, bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk manusia lain. Untuk lulus ujian, dia akan belajar dan belajar—sebuah rahasia sukses yang selalu dibayar oleh orang-orang besar.

Keputusan, ya keputusan, adalah tonggak prasasti perjuangan manusia untuk kemajuan. Dengan keputusan, langkah bisa disusun dengan matang, dan bisa dijalankan dengan penuh keyakinan. Hanya dengan keputusan yang kuat, langkah akan ditempuh dengan tegap, dan capaian target menjadi sebuah keniscayaan yang mewujud nyata. Sebaliknya, tanpa keputusan, impian hanyalah awan yang menggantang tanpa ada kaitan dan arah.

Dengan demikian, keputusan berbanding lurus dengan capaian yang hendak kita perjuangkan. Ada iming-iming  yang membuat kita bersemangat, ketika kita membuat keputusan kuat dan berani untuk menjalani langkah-langkah kecil yang terstruktur, sistematis, dan terukur. Bukankah kesuksesan dicapai bukanlah dengan satu langkah besar, melainkan puluhan atau ratusan langkah kecil yang terstruktur, sistematis, dan terukur?[]

#Belajar-ikhlas

#Dunia-madrasah-hidup-mata-pelajaran

#Kitab Kehidupan

Author: admin

MUCH. KHOIRI adalah dosen Kajian Budaya/Sastra dan Creative Writing, penggerak literasi, blogger, editor, penulis 65 buku dari Unesa. #Kitab Kehidupan (Genta Hidayah, 2021).

9 thoughts on “BETAPA PENTINGNYA MEMBUAT KEPUTUSAN”

  1. Betul sekali Bapak, kesuksesan yang diraih dengan 1 langkah besar adalah ‘ beja ‘ keberuntungan. Sedangkan kesuksesan yang dicapai dengan ratusan atau bahkan ribuan langkah kecil yang terstruktur, sistematis dan terukur adalah kesuksesan sejati. Karena ia mencintai prosesnya, yang tentu saja mengalami jatuh-bangun akan tetapi tetap dikerjakannya secara terus menerus untuk mencapai tujuan.

  2. Mukminin says:

    Alhamdulillah terima kasih ilmunya Abah Khoiri. Betul sekali, tanpa berani mengambil keputusan yg tepat, maka kita akan terombang-ambing pikiran negatif kita yg akan menghabat jalan kesuksesan. Dengan berani mengambil keputusan dg positif thinking, yakin Allah membukakan jalan lebar menuju kesuksesan utk diri dan orang lain. Matur nuwun

  3. Hariyanto says:

    Dengan demikian, keputusan berbanding lurus dengan capaian yang hendak kita perjuangkan….perlu keberanian, karena biasanya berdampak harus mengerjakan sesuatu yang belum kita kenal dan ketahui sampai mengenal dan mengetahui, akhirnya berkumpul menjadi kebiasaan bagus dan titik tumpuan keberhasilan berikutnya. Itu akibat keputusan awal dulu, dan diteruskan dengan keputusan berikutnya. Ibarat memasuki gerbang kesuksesan semua diambil dari satu keputusan, Mau masuk atau tidak. Sedang kunci gerbang itu seberapa besar diperlukan, tergantung “pengalaman” dalam mengambil keputusan…..
    Intinya untuk keputusan sekecil apa pun butuh keberanian. Itu yang sesuai dengan pengalaman hidup selama ini. Sulit diceritakan tetapi ya seperti itulah adanya. Terimakasih Abah Khoiri selalu membawa pesan optimistis dalam hidup. Salam Literasi,…salam dan semoga sehat selalu untuk Abah dan keluarga. Aamiin

  4. Tintin Muryani says:

    Keputusan yang tepat akan membawa kebahagiaan dan keberuntungan dalam kehidupan untuk menuju kesuksesan.

  5. keputusan menjadikan kita hidup

  6. Repan Efendi says:

    Keputusan itu menghidupkan

  7. Sumintarsih says:

    Berani memutuskan, bagian dari keoptimisan.
    Terima kasih Pak, atas ilmunya.

  8. Keputusan sesuatu yang abstrak, yang harus dikongkritkan. Setiap orang pada dasarnya telah mengambil keputusan, orang yang besar. Memutuskan menjadi orang besar, dengan cara dan proses yang panjang dan secara teratur menjadi orang besar. Dikian juga orang yang kerdil diapun memutuskan menjadi orang kerdil, hidup santai selalu mimpi yang indah. Indah dalam mimpi, menderita sepanjang masa. Terimakasih abah Khoiri luar biasa sangat guru menebar ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *